24/05/2021

Membuat CV Ala Iman Usman CEO Ruang Guru

Membuat CV Ala Iman Usman CEO Ruang Guru

Sumber Gambar : Instagram Iman Usman @imanusman


LowonganRembang.Com | Membuat CV adalah hal sepele tapi tidak bisa disepelekan. Maksutnya gimana tuh? Coba kita ingat-ingat ketika di bangku sekolah ataupun bangku kuliah tidak ada mata pelajaran ataupun mata kuliah yang memberikan panduan dan tugas membuat CV.


Mungkin sebagian ada tapi tidak banyak dan sangat jarang. Nah dari pengalaman penulis yang membuat CV yang simpel dan membuat cepat dibaca para pencari tenaga kerja adalah tips yang disampaikan oleh Iman Usman. Tahu kan ? CEO ruang guru yang sangat kece dan berprestasi. Berikut tips membuat CV ala Iman Usman:

  • Jangan Membuat CV Dengan Berlembar –Lembar

Hal ini dikarenakan para HRD tidak mungkin membaca keseluruhan isi CV, dikarenakan banyaknya CV yang masuk. Paling tidak maksimal 2 lembar saja.

  • Tidak Usah Menyantumkan Foto/Gambar Selain Posisi Pekerjaan Modelling Maupun Recepsionist. 

Hal tersebut dimaksudkan agar menghindari proses diskriminasi karena tampilan fisik semata. Beda lagi dengan posisi pekerjaan yang memnag membutuhkan tampilan fisik seperti Model, Recepsionist ataupun lainnya yang memang butuh dicantumkan foto ataupun gambar. 

  • Jangan Mencantumkan Tingkat Kemampuan Skill

Banyak sekali CV yang mencantumkan tingkat kemapuan skill tertentu ke dalam bentuk bintang. Hal ini hanya akan membuat HRD ragu dan mempertanyakan validitas bintang yang sifatnya argumentatif. 

  • Cantumkan Prestasi Yang Diperoleh Yang Berhubungan Dengan Pekerjaan Yang Diambil.

Banyak sekali dilapangan yang prestasi yang dicantumkan sering sekali tidak nyambung dengan pekerjaan yang akan diambil. Hal tersebut hanya membuat semakin bingung para HRD jangan sampai ingin membuat berkesan di mata HRD, tapi hanya akan membuat HRD bingung.

  • Cantumkan Pengalaman Pekerjaan Atau Magang Yang Sesuai Bidang Pekerjaan Yang Diambil.

Sering sekali CV yang ditulis ketika pada poin pengalamana, banyak sekali ketidaksinambungan pengalamana yang dicantumkan. Hal ini hanya akan membuat CV semakin panjang dan berlembar-lembar. Karena , para HRD sangat sibuk dan banyaknya CV masuk tidak mungkin mereka akan membaca keseluruhan CV kita.

Semoga tips membuat CV ala Iman Usman bisa bermanfaat bagi teman-teman ya, jangan sampai ketika membuat CV dalam hati berniat ingin membuat para HRD takjub, tapi malah sebaliknya yang terjadi. CV kita hanya akan ditaruh di paling belakang. 
  • Sumber : Skill Academy by Ruang Guru 
  • Penulis: Dian Hendrarini 

Jika ada pertanyaan hubungi kami : 

Related Posts