23/01/2021

Tips Menghadapi Penat Dimasa Nganggur

Tips Menghadapi Penat Dimasa Nganggur
Gambar : IDN Times

LowonganRembang.Com - Hai sobat, saya akan berbagi cerita masa-masa belum mendapatkan pekerjaan. Saya ingin berbagi rasa dan cara yang saya gunakan untuk menghadapi kepenatan semasa Gabut alias gak punya kerjaan.

Apa yang membuatmu merasa gabut? Pasti karena merasa gak punya pekerjaan dan pendapatakn bukan? Wajar ketika dirimu berpotensi tapi gak ada yang dikerjakan bakalan merasa nganggur atau dianggurin.

Tapi jangan bersedih dan jangan marah dengan keadaan ya gaiss.  Tersenyumlah pada diri dan jiwamu. Saya pernah merasakan itu, salah satu cara yang saya lakukan adalah membuat kesibukan. 

Kesibukan bukan hanya sok sibuk ya gaiss, tapi kesibukan yang terjadwal dan terstruktur, jadi jadwalnya teratur dan gak bosenin seharian cuman satu aktivitas. Sahabat pembaca bisa mengawali dari sebuah pertanyaan. 

Apa hobimu? Hobi kesukaan atau aktivitas yang ketika kamu melakukan itu merasa ringan dan semangat, bahkan setelah melakukan itu ada rasa menambah bahagia dan beban dalam hati dan pikiran berkurang. Ingat, hobi bukan hanya pelupa masalah ya, tapi betul-betul bisa meredakan beban pikiran dan menyegarkan pikiran. 

Lalu, jika hobimu tidur, apakah akan mengisi waktumu dengan tidur? Hehehe, bukan gitu ya gais. Hobi yang sebaiknya dilakukan adalah hobi yang meningkatkan krativitas dan mengembangkan potensimu. Misalnya, bermain gitar, ternak burung, membaca, ngedit video dll. 

Bagaimana mengembangkan hobi atau potensi yang kamu punya untuk mengatasi penat bahkan bisa mendapatkan pendapatkan yang bisa buat jajan? Ingat buat jajan ya gais jadi jangan langsung berharap lebih, setidaknya tidak minta sama orang tua ,hehehe. 

Percaya ndak kalau kita bisa mengasilkan uang dari hobi. Nah, hobi supaya bisa mendapatkan hasil harus dibalut dengan kreativitas dan membuat peluang, bukan mencari peluang. Sahabat pembaca hobi boleh lebih dari satu ya. 

Mungkin karena banyaknya beban yang ada, jadi bolehlah hobi lebih dari satu. Saya hobinya membeca, coret-coret kertas, menari dan mengamati tanaman. Semuanya saya lakukan sesuai dengan tingkat kepenatan. 

Hal pertama yang saya lakukan untuk membuat saya semangat bangun tidur adalah tanaman. Karena saya suka melihat mereka tumbuh, apalagi melihat mereka ada tumbuh tunas. Itu memacu saya untuk tersenyum lebar mengawali hari. 

Dan berlanjut melakukan kegiatan pagi sampai sore. Seharian itu kadang ada keadaan yang membuat penat dan membosankan. Itu lah waktu yang bisa teman-teman gunakan. 

Waktu yang membosankan itu alihkan mencari pengetahuan untuk mengembangkan hobi dan kreativitas. Ambilah selembar kertas dan pena. Tuliskan apa hobimu dan hal yang belum kamu bisa untuk mengembangkan hobimu. 

Misalkan hobi kamu bermain gitar, tuliskan pertanyaan yang belum kamu bisa. Bagimana cara membuat lagu? Bagimana cara membuat paduan nada yang enak di dengar? Kemudian carilah inspirasi atau panutan, di youtube, web pelatihan bermain gitar. 

Jika kamu bosan dengan gitarmu coba hias dan buatlah ia jadi benda yang membuatmu nyaman. Setelah itu buatlah peluang. Ya kamu bisa buat peluang atau kesepatan karyamu dinikmati orang, jangan mengejar yang tinggi misal ingin mejadi youtuber, boleh sih mencoba, tapi harus siap tampil yang bagus supaya menarik bukan malah mendapat ejekan. 

Awali dengan mengikuti grup kecil yang terus membuatmu berkembang bukan semakin mundur. Grup di Facebook di telegram, dan carilah inspirator yang membuatmu terbangun, misalnya gitaris terkenal. Seringlah posting dan meminta saran. Jika ada yang mengenali bakatmu, pasti akan tercipta peluang untukmu.

Terakhir. Pepatah jawa mengatakan, Jagat ing gumelar, gumelar ing jagat. 

Hidup terus berjalan, bukan sekitar yang mewarnai hidupmu, tapi kamu yang mewarnai dunia.

Jika berekenan dan punya twitter bisa tweet ya @doblajaya1

Penulis: Doblajaya / Tyas Prabawati

Sahabat pembaca boleh mengisis kolom komentar ya.

Jika ada pertanyaan hubungi kami : 

Related Posts