29/11/2021

Jangan Lupa! Tanyakan Ini ke HRD saat Interview Kerja

Jangan Lupa Tanyakan Ini ke HRD saat Interview Kerja
Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Lowonganrembang.com  Interviewer akan mengatakan "Ada yang mau ditanyakan?" ketika proses interview hampir berakhir.  Maka, jangan pernah katakan “Tidak ada,” atau “Sudah cukup,”.

Hal ini bisa membuatmu terlihat kurang antusias melamar di perusahaan itu.

Yep, supaya kamu enggak nyesel nantinya. Maka, hindari pertanyaan yang terlalu umum dan sensitif ya. Justru penting loh buat bertanya urusan esensial, sekaligus untuk menunjukkan seberapa kamu bisa berpikir strategis. 

Ini contoh pertanyaannya: 

"Saya akan bekerja bersama siapa saja?” dan “ Apakah ada rolling pekerjaan dengan divisi lain?

Pertanyaan ini  penting buat tahu cakupan pekerjaanmu secara luas. Karena biasanya enggak dijelasin di awal. 

Selain itu, kamu biar enggak melulu bertanya soal  “Saya nanti ngerjakan apa?” atau “Kualifikasinya gimana ya?” 

Karena pertanyaan seperti ini biasanya sudah dijelaskan di deskripsi info loker. 

“Untuk satu semester, target utama dari posisi yang saya lamar apa?”

Selain buat menunjukkan antusiasmu, pertanyaan ini juga bisa jadi pemahaman kira-kira nanti kamu bisa berkontribusi buat apa. 

“Bagaimana dengan sistem evaluasi dan benefit yang diterapkan di perusahaan ini?” dan “Seperti apa jenjang karir untuk posisi yang saya lamar?”

Kamu wajib tahu kejelasaan mengenai (apabila) terkena sanksi tertentu,  gimana kamu bakal dinilai,  benefit tambahan yang bisa kamu dapat, serta  tentang  career growth dan career development. 

“Apa ekspektasi yang diharapkan untuk saya  setelah gabung di sini?

Catat, nih! Dengan pertanyaan ini, kamu bisa tahu kira-kira apa saja sih hal yang bisa kamu berikan kepada perusahaan demi mencapai goals perusahaan tersebut. 

Oh ya, penting!!! Sebelum interview cobalah buat cari tahu tentang produk perusahaan. Selain jadi bekal bertanya, ini bisa jadi nilai plus tersendiri loh.  

Misal : Kamu terlebih dahulu explore fiture-fiture produk perusahaan, tanyakan bagian yang kurang kamu pahami dan kasih masukan buat pengembangan ke depannya.  It could impress the interviewer.

Santai saja, jangan takut bertanya. Karena malu bertanya sesat di perusahaan. Semoga artikel ini membantu proses kelancaran wawancaramu nanti, ya! (YT) 

Jangan lupa baca artikel menarik seputar karir lainnya di lowonganrembang.com 

  • Penulis : Setia Yuuta 

 
Jika ada pertanyaan hubungi kami : 

Related Posts