14/11/2021

Cara Menceritakan Kelebihan dan Kekurangan Diri dalam Wawancara Kerja

Cara Menceritakan Kelebihan dan Kekurangan Diri dalam Wawancara Kerja
Foto : unsplash.com/You

Lowonganrembang.com -  Terlihat gampang namun perlu hati-hati dalam menjawab pertanyaan “Apa kelebihan/kekuranganmu?” dalam wawancara kerja.

Menceritakan kelemahan dan kekurangan diri harus dipersiapkan dengan matang dan jujur. Jika kamu telah melakukan persiapan untuk menjawab pertanyaan ini, maka akan lebih enjoy dan kemungkinan diterima pun lebih tinggi.

Berikut lowonganrembang.com rangkum dari pengalaman penulis, Minggu (14/11/2021) tentang cara menceritakan kelebihan dan kekurangan diri saat wawancara kerja.

Pertama, Kita bahas pertanyaan "Apa Kelebihanmu?" 

Human Resource (HR) akan menilai kelebihanmu bisa sesuai dengan kebutuhan posisi yang dicari atau tidak. Jadi, strategi menjawabnya kamu bisa menulis : 

1. Daftar skill yang dibutuhkan untuk posisi tersebut. 

Misalnya berupa: pendidikan, soft&hardskill, sertifikasi, dll. Nah, dari riset ini kamu bisa menyesuaikan dengan kelebihan yang kamu miliki.

2. Pilihlah skill  yang mendekati dengan yang dibutuhkan di lowongan tersebut. 

Contohnya, ketika kamu dapat info loker “Lowongan Kerja Sopir DAY7 Entertainment Rembang” dari lowonganrembang.comJelas saja lowongan tersebut membutuhkan skill mengemudi (driving).

Maka, katakan kalau kamu bisa mengemudi dengan baik dan punya SIM yang masih aktif. Sehingga relate dengan pekerjaan tersebut.

3. Ceritakan pengalamanmu menerapkan masing-masing skill dan juga hasilnya.

Misal : Skill mengemudi tadi. Kamu pernah menjadi sopir bupati Rembang selama beberapa tahun, atau kamu pernah freelance jadi driver sampai ke luar kota, dan selalu mendapat bonus kinerja karena mencapai target.

Jangan lupa, hindari kalimat yang terkesan menyombongakan diri. Antara lain :  saya sangat pintar, pekerjaan tersebut sangat mudah, dll. 

Berikutnya, Kita bahas pertanyaan "Apa Kekuranganmu?" 

Human Resource (HR) mencari sesuatu yang menunjukan kalau kamu adalah seorang yang mau belajar hal-hal baru. Bersedia menerima tantangan baru di posisi itu. Tentunya ketika HR tahu kelemahanmu, ia akan yakin bahwa kamu bisa belajar untuk mengatasinya.

1. Ketika kamu bingung sama kelemahanmu, bisa lho tanya teman atau keluarga dekat.
 
2. Sebaiknya kamu mencari kelemahan yang sudah kamu coba untuk memerbaikinya. Jadi, HR akan melihat usahamu untuk mengatasi kelemahanmu itu. 

Misalnya : Kamu bilang kelemahanmu enggak bisa memanajemen waktu dengan baik. 

Nah, bilang juga usahamu untuk mengatasinya. Contohnya yaitu dengan membuat daftar tugas yang akan kamu kerjakan hari itu di buku atau di ponsel. Serta mengatur timer di ponsel selama beberapa jam tertentu.

3.  Adapun yang harus dihindari adalah, kamu menceritakan kelemahan tetapi kesannya merendah untuk meroket. 

Contoh : "Saya itu orangnya sangat pekerja keras, jadi kadang lupa waktu" atau "Saya sepertinya tidak memiliki kelemahan" atau "Saya tidak tahu kelemahan saya".

Semoga setelah membaca artikel ini kamu dapat memperbaiki diri, dan mendapatkan peluang pekerjaan yang lebih besar. Jangan malu pada kekurangan diri, akan tetapi teruslah berlatih untuk menjadi lebih baik.

Selain itu, tunjukan semangat dan antusiasmu saat wawancara ya! Semoga berhasil! (YT)

  • Penulis : Setia Yuuta 

Jika ada pertanyaan hubungi kami : 

Related Posts