29/05/2021

Anak Ayam : Jangan Minder, Jadi Pekerja Pemula

Anak Ayam : Jangan Minder, Jadi Pekerja Pemula
foto : FlexJobs

LowonganRembang.Com | Hai dirimu yang masih belia berumur muda, tapi sudah bekerja. Bukan hanya mengejar pekerjaan, gaji, atau hitung-hitung merintis karier. Selamatnya sudah berhasil memulai untuk berkarya di dunia pekerjaan.

Berani mencoba dan mengawali tindakan baik sebuah apresiasi awal untukmu. Kenapa itu menjadi apresiasi? Karena sobat pembaca sudah berperang melawan kemalasan atau posisi PW alias Posisi Wenak. Apa jadinya kalau masih Mager (Males gerak) dengan dukungan berbagai alasan yang bertema kemunduran. Biasanya berawal kata: “nanti saja...”, “besok deh...”, “nanti kalau sudah...”, “temenku juga masih belum...”. Karena kamu sudah berani, setidaknya kamu punya satu rutinitas. Kamu akan mendapatkan sesuatu dari rutinitas itu, cepat atau lambat. Karena kamu pasti akan ada kegiatan diluar rumah, minimal kamu akan punya kenalan, bisa berbagi pengalaman, dan hal-hal kecil lainnya, yang gak kamu dapatkan jika mempertahankan posisi PW.

Sobat pembaca, yang sedang jadi pegawai, pekerja baru atau akan bekerja, ketika masuk kantor atau tempat kerja jangan merasa minder atau takut mau melakukan sesuatu. Awali dengan senyuman, rasa syukur sudah bekerja, serta semangat tinggi untuk terus berkembang. Pasti sobat pembaca mempunyai tujuan yang ingin dicapai jangka panjang, jadikan itu motivasi atau penguat awal kerjamu. 

Sobat pembaca, mungkin pernah dengar, pekerja baru biasanya jadi bahan bola lempar, disuruh sana-sini. Cerita itu mungkin ada benarnya atau sebaliknya. Apapun itu jawabannya, kamu yang tau ketika diawal pekerjaanmu. Saya akan berbagi cerita tentang itu.

Memang ada tempat kerja yang mengatakan benar, pemula atau pekerja paling muda sering dimintai tolong sana-sini. Tapi ingat, dimintai tolong ya. Kenapa dengan dimintai tolong? Artinya kamu diawal bekerja belajar menjadi penolong. Perlu diketahui dalam bekerja itu tidak pemula tidak yang sudah lama itu saling menolong sampai nanti, tentunya untuk pekerjaan cepat selesai. 

Sobat pembaca , sebagai pekerja baru atau pemula biasanya ada yang sudah tau TUPOKSI atau tugas pokok dan fungsi. Jika belum tau kerja dibagian apa, maka sobat akan diarahkan membantu rekan kerja, ya sambil belajar cara bekerja. Ada untungnya membantu seorang pekerja A, pekerja B atau lainnya. Kamu akan tau trik cara bekerja mereka cara siapa yang paling cepat dan siapa yang paling berat pekerjaannya. Jika kamu tak ada kesempatan membantu mereka, kamu tidak akan tau.

Biasanya dalam membantu ada yang suka sama kamu ada yang tidak. Itu wajar, jika ada yang tidak suka, maka kamu jangan membencinya, jadikan intropeksi diri untuk terus memperbaiki diri. Jika ada yang suka sama kamu, senang dengan hasil kerjamu bisa jadi kamu di promosikan, nantinya bisa direkomendasikan jika ada proyek baru. Disitulah kamu mulai merintis kepercayaan, dan kerjakan sebaik mungkin.

Sobat pembaca yang masih muda belia, jangan merasa jadi bahan bola lempar. Tenagamu masih kuat dan masih bugar untuk bergerak keamanapun. Jika ada yang memintamu melakukan sesuatu  untuk mengambilkan sesuatu atau bergerak lainnya, lakukan saja. Berarti dia sudah tidak mampu untuk bergerak, kamu yang bergerak kamu sehat. 

Percaya suatu saat nanti kamu akan bekerja diposisi yang nyaman, tapi kamu jangn semena-mena sama pekerja baru ya. Semangat terus berkarier, bahagiakan keluarga, masih banyak yang perlu diwujudkan.

O ya, sekedar info ya untuk nama pena saya “Doblajaya” saya rubah menjadi “Alea Awa”. Salam semangat dari saya.

Seperti biasa saya akan memberikan kalimat semangat buat kamu. “Beranilah keluar menembus penghalang, seperti anak ayam yang masih dalam cangkang kan berusaha memecahkan cangkang tuk keluar menjadi anak ayam, kemudian berkembang menjadi ayam dewasa.”
  • Boleh kok bersambung ke twitter @alea_awa
  • Penulis: Alea Awa

Jika ada pertanyaan hubungi kami : 

Related Posts