03/01/2021

PENGEMBANGAN STARTUP DIGITAL BUSSINES DENGAN MEMBANGUN BISNIS ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19

PENGEMBANGAN STARTUP DIGITAL BUSSINES DENGAN MEMBANGUN BISNIS ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19
sumber gambar : mrbambang.com

LowonganRembang.Com - Di era pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membuat keresahan yang terdalam bagi seluruh masyarakat yang ada di dunia ini, tak terkecuali bagi masyarakat negara Indonesia.

Baik dari kalangan masyarakat menengah keatas maupun masyarakat menengah kebawah semua merasakan keresahan terhadap pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Akibat dari pandemic ini membuat hampir seluruh kegiatan mereka harus tertunda bahkan harus di batalkan demi mencegah penyebaran virus Covid-19.

Banyak perusahaan maupun pabrik yang melakukan pengurangan karyawan, hingga maraknya pengangguran oleh masyarakat Indonesia saat ini. Tak hanya pegawai kantoran maupun buruh pabrik saja yang merasakan imbasnya terhadap kasus PHK, namun juga berlaku pada buruh bangunan, pegawai mall, pegawai restorant, dll.


Sehingga dengan terpaksa mereka harus balik kampung dan pulang kerumah, karena meneruskan hidup di perantauan bukan lagi solusi untuk mereka terus bertahan. Tidak sedikit perusahaan yang telah mengurangi karyawannya dan tidak lagi menerima karyawan baru tentunya.

Dengan begitu keputusan pulang ke kampong halaman menjadi salah satu solusi yang terbaik bagi mereka. Karena untuk bertahan hidup pun akan lebih susah ketika di perantauan tanpa di imbangi dengan pendapatan bulanan. Bahkan untuk membuat peluang usaha pun kita juga harus menyiapkan modal yang cukup, kekreatifan usaha, serta mental yang di bangun dalam menjalankan usaha tersebut.

Selain masyarakat yang terpaksa kehilangan pekerjaannya, tak jauh berbeda dengan para siswa dan mahasiswa yang harus berhenti atau di liburkan sementara dalam proses belajar mengajar karena Covid-19.

Namun, dengan sekedar di liburkan saja bukan menjadi solusi yang baik untuk proses pembelajaran siswa, karena itu akan membbuat mereka ketinggalan materi pelajaran dan juga terhambatnya proses belajar. Sehingga pemerintah memutuskan untuk pembelajaraan jarak jauh tetap di terapkan dalam proses belajar megajar atau biasa disebut dengan istilah pembelajaran daring.

 Melaui pembelajaran daring para siswa maupun mahasiswa terpaksa harus melakukan pembelajaran jarak jauh yang tentunya guru atau dosen tidak bisa menerangkan secara langsung atau tatap muka membuat mereka sering mengeluh untuk memahami materi.

Di sisi lain, kebutuhan yang digunakan untuk belajar online adalah kuota internet, yang tentuya para siswa maupun mahasiswa harus rajin membeli kuota internet untuk digunakan dalam pembelajaran online. Tak sedikit yang mengeluh dengan adanya belajar online mereka harus merogoh kocek ratusan ribu rupiah dalam sebulan, padahal pendapatan yang masuk untuk uang saku tidak mencukupi pembelian kuota internet.

Dan tak banyak pula keluarga atau orang tua dari siswa muapun mahasiswa yang merasa keberatan dengan adanya pembelajaran daring karena untuk memenuhi kebutuhan kuota internet yang harus di beli dan tak sedikit nominal harganya, padahal mereka sendiri mengalami kesulitan dalam hal ekonomi di saat masa pandemic seperti ini.

Seiring berjalannya waku, pemerintah terus berusaha mencari jalan keluar agar  pembelajaran daring tetap berjalan dengan lancar dan tidak membebani orang tua. Yaitu dengan cara pemerintah bekerjasama dengan sekolah maupun kampus untuk memberikan sumbangan kuota internet gratis bagi para siswa maupun mahasiswa.

Dengan begitu pembelajaran daring akan tetap berjalan dengan lancar tanpa harus mengkhawatirkan borosnya kuota internet yang harus di beli setiap bulannya. Selain memberikan solusi yang positif di era pandemic Covid-19 bagi para siswa maupun mahasiswa, pemerintah juga memberikan bantuan bagi warga yang kurang mampu yaitu bantuan corona baik itu berupa uang maupun berupa sembako.

Selain itu ada juga bantuan bagi masyarakat yang terkena PHK dan terpaksa harus menganggur di masa pandemic Covid-19 yaitu dengan di berikan bantuan melalui kartu prakerja. Tak berhenti di situ, pemerintah juga  memberikan bantuan bagi para pelaku usaha  agar mereka tetap dapat menjalankan bisnis usanya di masa pandemic Covid-19.

Terutama bagi mereka, para pelaku usaha kecil-kecilan yag harus tetap bertahan di masa seperti ini untuk terus menjalankan dan mengembangkan usahanya. Di era modern ini tentunya banyak sekali peluang usaha yang menjanjikan dan dapat di jalankan oleh semua kalangan.

Karena di era yang semua serba canggih seperti ini, penggunaan teknologi kian marak digunakan dan menjadi salah satu asset paling berharga yang  harus dimiliki oleh seluruh umat manusia, contohnya adalah handphone. Semakin bertabamhnya tahun dan jaman, semakin modern juga ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di dunia saat ini.

Handphone yang dulunya hanya digunakan untuk berkabar, kini berubah drastis dapat digunakan untuk segala hal,salah satunya yaitu untuk bisnis online. Bisnis online tidak hanya dapat dilakukan oleh kalangan dewasa saja yang memiliki banyak kebutuhan rumah tangga, namun juga dapat dilakukan oleh kalangan remaja yang masih sekolah untuk tambahan uang jajan ataupun untuk melatih soft skill mereka dalam dunia bisnis.

Dengan handphone kita dapat menjalankan bisnis dengan modal yang tidak harus banyak namun kita harus menggunakan kekreativan serta mental dalam pengembangan bisnis online ini. Maraknya masyarakat saat ini yang ingin memiliki wajah cerah dan kulit putih sehingga tak sedikit pula para pengusaha dan pakar kecantikan yang mengeluarkan produk-produk kecantikan yang menarik para konsumen dari berbagai kalangan. 

Selain menciptakan sebuah produk kecantikan, tentunya para pemilik bisnis perlu adanya distributor yang berperan untuk membantu mereka dalam memasarkan produk yang di buatnya. Maka dari itu banyak dari mereka yang merekrut masyarakat yang memiliki jiwa semangat dalam berbisnis baik yang berpengalaman maupun yang belum berpengalaman untuk dijadikan sebagai agen, member, reseler, dll dalam memasarkan produk kecantikan tersebut.

Selain produk kecantikan tentunya masih banyak produk yang dapat kita jalankan dalam bisnis online ini, seperti bisnis online pakaian baik anak maupun dewasa, sepatu, buah, dll. Bahkan aplikasi-aplikasi yang menjadi fasilitas di dalam hp juga banyak yang menjembatani kita yang mau melakukan bisnis online.

Seperti aplikasi toko pedia, shopie, buka lapak, lazada, dll. Dengan aplikasi tersebut kita dapat memanfaatkannya dengan baik dan benar dalam menjalankan bisnis tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak dan memikikan tempat untuk membangun usaha.

Karena barang yang kita jual, apabila kita masih ikut menjualkan produk orang lain kita tidak perlu menyetok barang yang berlebihan di rumah. Namun, apabila kita sudah memiliki produk sendiri otomatis menjadi peluang yang besar dalam bisnis online ini untuk terus di kembangkan hingga membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Tak hanya mengandalkan aplikasi jasa penjualan saja, kita juga bisa mempromosikan dagangan yang akan kita jual melalui sosial media seperti facebook, instagram, tiktok, dll. Karena saat ini sosial media bukan hanya menjadi media untuk bertanya kabar dan memberikan status sosial kita kepada masyrakat luas.

Namun, akan lebih baik jika kita gunakan untuk membangun bisnis online ini agar dapat berkembang dengan baik dan tumbuh dengan pesat. Dengan begitu manfaat yang kita rasakan bukan hanya untuk diri kita sendiri sebagai penambah uang saku maupun latian dalam berbisnis, namun juga untuk orang disekitar kita terutama orang tua kita.

Di saat pandemic Covid-19 seperti ini merupakan cara kondisi yang tepat untuk membangun bisnis agar kita tetap dapat aktif dalam bidang ilmu pengetahuan mapaun dalam mengasah kekreatifan bisnis online. (eni)

Jika ada pertanyaan hubungi kami : 

Related Posts