8 Tips Wajib Untuk Mempersiapkan Diri Mengikuti Job Fair Atau Bursa Kerja Kabupaten Rembang

job fair rembang

Lowongan Rembang – Akhirnya Kabupaten Rembang mempunya acara yang sangat bagus sekali yaitu job fair atau bursa kerja.

Apa itu job fair adalah pameran bagi para perusahaan, perekrut, ataupun instansi yang saat itu membutuhkan tambahan sumber daya manusia.

Melalui job fair ini dipertemukannya para instansi dengan para pencari kerja (pelamar) disatu tempat dan satu waktu. Bahkan ada perusahaan yang menerapkan 1 day service, dimana seleksi dilaksanakan dihari itu juga.

Bagi masyarakat Kabupaten Rembang acara job fair masih menjadi sesuatu hal yang kurang familiar di pendengaran masyarakat.

Dengan artikel ini diharapkan masyarakat tahu tentang job fair, hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti job fair.

1. Cari Informasi Tentang Acara

Dapatkan informasi terkait job fair secara lengkap dan detail, seperti tanggal acaranya dari tanggal berapa sampai tanggal berapa ? Kemudian job fair dimulai dari jam berapa dan ditutup sampai jam berapa ?

Untuk lokasi job fair dilaksanakan di lokasi mana ? Alamatnya lengkap dimana ? Bisa dilacak menggunakan google map ataukah tidak ?

2. Survey Perusahaan Peserta Job Fair

Setelah memperoleh informasi terkait acara job fair, selanjutnya koreklah informasi terkait perusahaan, dinas, atau instansi apa saja yang menjadi peserta job fair tersebut.

Tahap selanjutnya, dapatkan informasi posisi lowongan kerja yang mereka (perusahaan) butuhkan itu posisi apa saja ? Dengan harapan posisinya sesuai dengan karakteristik anda.

Apabila sampai hari acara anda belum memperoleh informasi terkait peserta job fair maupun posisi yang mereka butuhkan, dihari pertama mungkin kamu bisa datang ke lokasi hanya untuk survey terlebih dahulu.

Barulah malam harinya kamu mempersiapkan berkas lamaran kerjamu, dan dihari kedua kamu datang ke lokasi job fair kembali dengan membawa berkas lamaran kerja yang sudah siap diserahkan.

3. Siapkan Berkas Lamaran Kerja Yang Menarik

Lamaran kerja yang tidak menarik apa lagi tidak lengkap sama sekali tentunya akan mudah diacuhkan para HRD (Human Resources Departement).

Jadi siapkan berkas lamaran kerjamu semenarik mungkin dengan harapan, para HRD tertarik dan merasa menemukan kandidat yang cocok untuk posisi yang dibutuhkan.

Persiapkan berkas lamaran kerja juga dalam bentuk file, jikalau perusahaan hanya menerima bekas lamaran kerja melalui surat elektronik (E-Mail). Sehingga dapat kamu kirimkan dengan mudah melalui notebook / komputer / handphone / tablet.

4. Persiapkan Perlengkapan Pendukung

Hal ini sangatlah dimungkinkan apabila seleksi karyawan baru dilaksanakan hari itu juga, sehingga dibutuhkan alat perlengkapan.

Adapun contohnya seperti bolpoin, tipe-x, pensil, penghapus pensil, peraut pensil, penggaris, kertas, klip, flash disk berisi berkas lamaran kerja, laptop dan berbagai peralatan lainnya yang Anda anggap perlu.

5. Berlatih psikotes dan wawancara

Di semua seleksi pegawai baru pastinya melalui dua tahap tersebut yaitu tes psikologi dan wawancara atau interview dengan HRD.

Berlatihlah dengan tes psikologi dari buku, internet, atau literatur lainnya. Sedangkan untuk wawancara silahkan cari di internet terkait pertanyaan yang sering diajukan HRD para pelamar kerja.

6. Jaga kesehatan, kebugaran, dan istirahat yang cukup

Disaat anda menyerahkan berkas lamaran kerja, tes tertulis, maupun diminta wawancara tetapi dalam kondisi yang kurang fit atau terlihat sayu tentunya akan meninggalkan kesan yang kurang baik.

Dengan kondisi bugar, jiwa raga anda akan terlihat enerjik dengan harapan HRD memperhatikan anda benar-benar siap secara fisik & administrasi dalam mengikuti job fair tersebut.

7. Perhatikan penampilan dan pakaian anda

Job fair sangat berbeda dengan acara-acara lainnya, jadi jangan sampai berpenampilan secara sembarangan apalagi hanya kaos, celana jeans, dan bersendal.

Kami sarankan gunakan pakaian layaknya pakaian pegawai yang berangkat ke kantor, yang terpenting adalah sopan, rapi, dan nyaman. Dengan harapan menampilkan kesan anda siap untuk bekerja.

8. Datang ke lokasi lebih awal

Ini menjadi unsur yang sangat penting, dengan kehadiran anda yang lebih awal dari jadwal acara. Secara mental anda sudah siap dan lebih awal dalam segala hal dalam acara tersebut.

Berbalik ceritanya jika anda datang terlambat dan tergesa-gesa, tentunya anda akan terlihat lusuh, capek, dan secara mental tidak siap dalam melakukan seleksi.

Itu tadi beberapa tips yang kami coba rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman admin dalam mengikuti job fair. Apabila anda masih mengalami kesulitan dan pertanyaan silahkan ajukan pertanyaan ke nomor WhatsApp dibawah ini.

Invite chat WhatsApp : 081-542-466-224 & BBM : D9F8CE79 untuk info lowongan kerja Rembang dengan mudah & cepat