04/02/2023

Sobat Lowongan Rembang Sudah Tahu Pengertian SKCK, Sekarang Saatnya Kita Ketahui Fungsi SKCK Yuk

Sobat Lowongan Rembang Sudah Tahu Pengertian SKCK, Sekarang Saatnya Kita Ketahui Fungsi SKCK Yuk

Lowongan Rembang | Pada artikel sebelumnya kita sudah bahas pengertian, apa sih SKCK itu ? Kok menjadi persyaratan dalam melamar kerja.

Jika sobat lowongan rembang belum membaca artikel tersebut, silahkan baca : Persyaratan Berkas Lamaran Kerja Perlu SKCK ? Apa itu SKCK dan Apa Fungsinya Sobat Lowongan Rembang ?

Sudah paham sekarang kan ? nah sekarang kita diskusikan bersama fungsi SKCK. Berikut ini fungsi SKCK berdasarkan tingkat kewilayahan Kepolisian yang menerbitkannya, yaitu.

Mabes Polri

Mabes Polri memberikan pelayanan penerbitan SKCK untuk keperluan pencalonan presiden, wakil presiden, anggota legislatif, eksekutif, yudikatif, serta lembaga negara lainnya. Selain itu, penerbitan SKCK di tingkat ini ditujukan untuk lembaga pemerintah di tingkat pusat, proses naturalisasi, adopsi anak untuk pemohon warga negara asing, izin tinggal, sekolah di luar negeri, dan pembuatan visa.

Polda

Kepolisian daerah yang bertanggung jawab atas Polres di tingkat provinsi atau daerah khusus. Calon DPRD di tingkat walikota atau provinsi harus menyerahkan SKCK yang diterbitkan oleh Polda. Jika ingin bepergian atau bekerja ke luar negeri, Anda juga harus menyiapkan SKCK yang diterbitkan oleh Polda.

Untuk keperluan antarnegara bagian atau luar negeri, SKCK umumnya dibutuhkan oleh Kepolisian Daerah tingkat tertinggi. Artinya, saat visa dikeluarkan, diperlukan SKCK dari Polda atau Mabes Polri.

Di tingkat Polda, penerbitan SKCK digunakan untuk melamar pekerjaan, pengurusan paspor atau visa, pencalonan legislatif tingkat provinsi, warga negara Indonesia yang akan bekerja di luar negeri, dan pencalonan kepala daerah tingkat provinsi.

Polres

Kepolisian Resor adalah struktur kepolisian negara Republik Indonesia yang setingkat di atas polsek, yaitu meliputi kabupaten atau masyarakat. Secara umum, persyaratan untuk melamar jabatan pegawai negeri sipil (PNS) harus mencantumkan SKCK yang dikeluarkan polisi.

Persyaratan pendaftaran calon kepala desa, anggota DPRD, dan kepala daerah di tingkat kabupaten atau masyarakat juga termasuk dokumen SKCK yang diterbitkan oleh kepolisian. Jika Anda melamar pekerjaan di perusahaan milik negara atau ingin menikah dengan anggota Polri atau TNI, biasanya mereka juga meminta dokumen SKCK yang dikeluarkan oleh polisi.

SKCK di tingkat Polres digunakan untuk keperluan pencalonan anggota legislatif tingkat kabupaten/kota, pencalonan pejabat publik tingkat kabupaten/kota, CPNS, pencalonan anggota Polri/TNI, kepemilikan senjata api, melamar pekerjaan, dan lain sebagainya.

Polsek

Polisi Sektor adalah struktur kepolisian Republik Indonesia yang berkedudukan di tingkat kecamatan. SKCK yang dikeluarkan oleh kepolisian dapat digunakan untuk berbagai keperluan termasuk melamar pekerjaan non-PNS dan non-BUMN, seperti perusahaan swasta.

Pada umumnya, perusahaan swasta tidak memerlukan SKCK untuk kelengkapan dokumen pelamar, namun ada beberapa perusahaan besar yang mewajibkan pelamar untuk mengajukan SKCK. SKCK yang dikeluarkan polisi tingkat kecamatan atau Polsek juga dapat digunakan untuk memenuhi persyaratan melanjutkan sekolah atau universitas, serta persyaratan pindah asrama penghuni.

Selain itu, penerbitan SKCK di tingkat Polsek digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan, pencalonan kepala desa dan sekretaris desa, melanjutkan sekolah, pindah alamat, dan lain sebagainya.

Meskipun SKCK, umumnya digunakan untuk melamar kerja, tetapi di beberapa daerah, warga yang ingin pindah ke daerah lain harus menyerahkan SKCK yang diterbitkan oleh kepolisian untuk membuat surat pemukiman kembali. Tidak hanya itu, SKCK yang dikeluarkan oleh kepolisian juga diwajibkan bagi mereka yang ingin mencalonkan diri sebagai aparat desa dan memperpanjang kontrak pegawai, seperti pegawai non-PNS di rumah sakit umum daerah.

Bahkan, SKCK yang diterbitkan oleh kepolisian juga dapat digunakan untuk pembuatan izin usaha dan sebagai persyaratan untuk pembuatan buku pelaut.

Itu tadi diskusi detail terkait fungsi SKCK itu sendiri, setahuku sih kalau untuk keperluan melamar kerja di perusahaan saya rasa dari kantor desa dan polsek saja sih.

Polres Rembang

Lokasi Polres Rembang di Google Maps



Jika ada pertanyaan hubungi kami : 

Related Posts